Minggu, 15 Mei 2011

kelinci


Hidup Bersama Kelinci
Mengapa seekor kelinci ?

Mungkin anda baru saja mengadopsi kelinci pertama anda, atau mungkin anda telah memiliki seekor kelinci dan anda hendak mencari informasi yang lebih jauh lagi untuk membantu anda mengerti lebih baik lagi. House Rabbit Society menganjurkan anda untuk memelihara kelinci anda di dalam rumah daripada di luar rumah. Kelinci adalah hewan yang pintar dan hewan sosial yang memerlukan kasih sayang dan kelinci dapat menjadi teman yang baik jika diberi kesempatan berinteraksi dengan keluarga manusianya.

Manfaatnya spay dan neuter

Walaupun hampir semua kelinci akan menggunakan litterbox, hormon dapat menyebabkan kelinci jantan atau betina yang belum disterilisasi untuk menandakan daerah mereka. Menyesterilkan kelinci anda dapat memperbaiki habit litterbox, mengurangi prilaku menggigit-gigit.(mengunyah), mengurangi agresif teritorial dan dapat memberi kehidupan kelinci anda lebih bahagia dan hidup lebih lama. Sterilkan kelinci oleh doker hewan saat berumur 3 ½ sampai 6 bulan tergantung dari kedewasaan seksualnya. Untuk kelinci yang berumur lebih dari 2 tahun periksakan ke dokter hewan terlebih dahulu.

Housetraining

Kelinci mungkin dapat berlari bebas di rumah. Tetapi, yang terbaik untuk semua dan terpenting untuk beberapa -- dimulai dari kandang. Untuk waktu belajar di kandang, pasang kotak toiletnya pada di pojok kandang dimana kelinci memilih daerah toiletnya. Setelah ia memakai kotak toiletnya terus menerus, anda dapat melepas bebas kelinci anda. Taruhlah satu atau dua kotak toilet di pojok daerah mainnya di luar kandang. Gunakan selalu penekanan yang positif (hadiah dan pujian) – bukan hukuman.

Bunny-proofing

Bunnny-proofing rumah anda adalah bagian dari hidup bersama kelinci. Adalah sesuatu yang alami untuk seekor kelinci mengunyah furnitur, permadani, tirai dan kabel listrik yang paling mematikan sekalipun. Kabel-kabel listrik harus disembunyikan supaya tidak dapat dijamah oleh kelinci. Kabel dapat diselebungi dengan pipa pvc.
Berikan kelinci anda banyak perhatian, kunyahan yang aman dan mainan untuk memalingkannya dari mengunyah furnitur anda. Kotak kardus yang penuh dengan jerami hay dapat menjadi kotak mainan yang tidak mahal. Kelinci muda berumur dibawah satu tahun lebih condong bandel dan membutuhkan lebih banyak batasan atau bunny proofing daripada kelinci dewasa.

Kelinci dan hewan lainnya

Kelinci dan kucing dapat hidup bersama kucing, seperti kelinci dan anjing yang santun. Anjing sebaiknya dilatih untuk mengerti perintah sebelum dipercaya dengan kelinci yang belari bebas dan pengawasan diperlukan untuk mengontrol niat(impulse) bermainnya anjing khususnya anak anjing. Menambah kelinci kedua paling mudah jika tambahannya adalah kelinci dewasa yang neteur dan lain jenis kelamin dan mereka bertemu untuk waktu yang singkat di daerah yang baru/asing untuk keduanya.

Masalah Kesehatan Utama

Penyumbatan Usus: Karena kelinci membersihkan diri terus menerus, mereka mengalami bola bulu (furball) seperti kucing. Tetapi tidak seperti kucing, kelinci tidak dapat memuntahkan bulu dan kebanyakan bulu yang tertelan dapat menyebabkan blockage yang fatar. Kelinci juga dapat mengalami kondisi serius yang dikenal sebagai stasis GI yang memiliki gejala-gejala yang sama.

Jika kelinci anda memperlihatkan penurunan nafsu makan dan ukuran kotoran, segara periksakan ke dokter hewan.
Pencegahan: Sisirlah selalu kelinci anda supaya bulu yang tertelan menjadi sedikit; sediakan waktu olah raga paling sedikit 30 jam per minggu; berikan jerami hay baru setiap hari; tambahkan sayuran segar ke makanannya secara bertahap; berikan petroleum laxative selama masa bulu rontok banyak atau sesuatu telah ditelan.

Keseimbang bakteria: Jalur pencernaan kelinci ditinggali oleh bakteri yang sehat. Jika keseimbangan “bakteri baik” ini dirusak oleh makanan busuk atau perubahan makanan yang tiba-tiba, bakteri berbahaya dapat mengambil alih jalur pencernaan dan dapat membunuh kelinci anda.
Pencegahan: Jagalah makanan kelinci anda di tempat yang kering dan perubahan makan harus dilakukan secara bertahap dengan memberikan makanan baru sedikit demi sedikit. Jika tidak suara perut atau kotoran yang hancur dalam 24 jam, makanan baru dapat diberikan lagi. Jika kelinci anda keluar rumah, singkirkan pestisida dan tanaman beracun bagi kelinci.

Bakteri Infeksi: Kebanyakan penyakit kelinci disebabkan oleh bakteri bukan virus dan dapat disembuhkan dengan perawatan antibiotik. Jika kelinci anda memperlihatkan gejala pilek, segera bawa ke dokter hewan yang tahu tentang antibiotik yang aman dipakai untuk kelinci. Obat minum dari keluarga penisilin seperti Amoxicillin sebaiknya tidak diberikan ke kelinci, karena beresiko menghancurkan bakteri perut yang baik.

Tergantung anda
Cari dokter hewan yang berpengalaman sebelum masalah terjadi. Jika kelinci anda diserang oleh predator, bawa dia ke dokter meskipun tidak ada luka yang terlihat.
Setelah selesai, andemkan kelinci dengan handuk basah atau es.
Periksa mata, hidung, telinga, gigi, berat badan, nafsu makan dan kotoranya secara rutin.

Tanda-tanda yang berbahaya
Jangan membuang waktu, bawa ke dokter segera jika anda melihat:
Diare dan tidak bertenaga
Tiba-tiba hilang nafsu makan dengan perut kembung dan bersuara.
Hilang nafsu makan dengan nafas berat
Hilang nafsu makan dengan hidung pilek
Kepala yang membelok
Tidak dapat menahan hajat (kencing basah dekat kaki)
Borok, benjolan atau pembengkakan di semua tempat
Perilaku yang tiba-tiba berubah

Daftar yang diperlukan
Tempat Tinggal
Kandang yang luas
Papan untuk beristirahat
Kotak toilet
Mangkok atau tempat makanan
Botol minuman
Mainan (kunyahan & toss)
Kandang pembawa


Tempat Bermain
Dalam ruangan:
Ruangan bunny-proof
Kotak Toilet
Mainan (kunyahan & dig)


Luar Ruangan
Pagar terbuka/serambi/kotak bermain(dengan lantai)

Konsumsi
Pelet terbatas setiap hari
Air bersih
Rumput kering (hay) atau jeramin (straw) untuk serat pencernaaan dan kunyahan
Sayuran dan buah segar (tambahan bertahap)
Barli dan Oat (dalam jumlah sedikit)
Kayu untuk kunyahan
Bermacama-macam Enzim (pembantu pencernaa)
Petroleum laxative (jika diperlukan untuk mengeluarkan bulu/rambut)


Grooming
Sisir kutu (flea comb)
Sikat rambut
Obat kutu
Gunting kuku


Persediaan
Litter bebas debu
Skop kotoran (pooper scooper)
Sapu dan pengki
Cuka putih (untuk kecelakaan kencing)
Penyedot debu tangan
Pemutih kaporit(chlorine bleach)
Koran bekas




Ikan



Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)[1] yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv, bjn), jukut (vkt).

Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.


Pemeliharaan ikan untuk pemula

Memiliki aquarium yang berhasil tidak sulit dan tidak memerlukan tenaga yang banyak asal anda menggunakan logika anda. Pedoman ini dibuat berdasarkan pengetahuan ilmiah dan pengalaman yang diperoleh dari para aquarist yang memiliki pengalaman tahunan dalam seni pemeliharaan ikan. Daftar dibawah ini merangkum hal-hal yang terpenting untuk sukses. Setiap topik akan dijabarkan secara rinci.
Memiliki kesabaran

Membeli aquarium dan menyeting dan mengisi dengan ikan pada hari yang sama jika dapat adalah jalan ke bencana. Sebenarnya setting dan mengisi penuh aquarium anda dapat memakan sampai dua bulan.
Satu ons pecegahan berharga satu kilo penyembuhan

Menyediakan lingkungan yang mengurangi stres ikan adalah salah satu keberhasilan. Pada waktu ikan sedang stres, sistem kekebalan tubuh merekapun akan lemah dan mereka mudah terserang penyakit. Ditambah lagi dengan kebanyakan obat yang tidak selalu bekerja dan sering memparah daripada memperbaiki. Seringkali perawatan yang terbaik untuk ikan sakit adalah dengan mengurangi stres dengan
1. sering mengganti air
2. tidak memberi makanan yang berlebihan
3. memeriksa apakah filter bekerja dengan baik
4. memberi ruangan yang cukup
5. memelihara dengan ikan yang sesuai dan akur.
Mengerti dan Memahami Siklus Nitrogen

Ikan menghasilkan kotoran berupa amonia yang beracun dan harus diuraikan oleh bakteri pengurai melalui filtrasi biologis. Kebanyakan ikan yang mati pada pemelihara pemula karena mereka tidak mengerti tentang siklus nitrogen. Kematianpun benar-benar dapat dihindari jika mereka mengerti tentang Siklus Nitrogen ini.
Melakukan pembersihan rutin pada filter aquarium

Filter yang tersumbat akan mengurangi efisiensi filter. Pada filter biologis, filter tersumbat akan sukar menghilangkan amonia dengan baik dan dapat menyebabkan ikan menjadi stres dan juga kematian.Filter biologis dengan kapas flos dibersihkan dengan mebilas dengan air bekas yang disedot dari aquarium ke dalam ember. Filter undergravel dapat dibersihkan dengan menyedotnya secara rutin.
Memproses semua air ledeng/pam sebelum menambahkan ke dalam aquarium

Air pam/ledeng mengandung bahan kimia tambahan seperti kaporit atau klorin supaya airnya aman untuk konsumsi manusia. Tetapi bahan ini adalah racun untuk ikan dan dapat melemahkan, merusak dan juga dapat membunuh ikan.
Belajar tentang ilmu kimia dasar air

Dasar kimia air adalah pH, kekerasan anri dan buffering. Kamu tidak perlu mengikuti pelajaran kimia khusus, tetapi kamu sebaiknya tahu tentang kimia air dan tentang sumber air didaerahmu supaya ikan kamu senang. Setiap lokasi sumber air berbeda-beda dan beberapa ikan mungkin tidak dapat hidup dengan air di sekitar kamu tinggal. Kamu dapat mempelajarinya dengan menggunakan test kit dan keterangan dari grup pencinta aquarium di daerah anda.
Jaga pH air aquarium untuk selalu stabil

Perubahan pH yang sangat cepat akan membuat ikan menjadi stres. Air dalam aquarium secara alami lebih condong menjadi asam karena asam nitrit dan nitrat dari siklus nitrogen. Menjaga pH supaya stabil diperlukan cukup buffering. Jika air anda terlalu lunak, anda perlu menambah buffering agent. Hindari menambah zat kimia yang menurunkan pH. Zat kimia menurunkan pH itu sering kali memiliki efek samping seperti membantu pertumbuhan lumut. Di beberapa kasus, pH air tidak perlu disesuaikan supaya “lebih cocok” untuk ikan . Jika pH air di rumah kamu sekitar 6.5 dan 7.5, air itu cocok untuk hampir semua jenis ikan.
Pilih ikan yang sesuai dengan air disekitar kamu

Pilih ikan yang memiliki dapat hidup di air yang memiliki persamaan kimia (pH dan GH) dengan air di tempat kamu. Jika anda mempunyai air pH rendah(asam), pilih ikan yang dapat hidup baik di pH rendah (seperti discus, arwana) . Ini sangat penting jika air di sekitar kamu diluar dari area pH 6.5-7.5. Merubah pH alami menjadi usaha kerja keras dan seringkali menjadi merepotkan dan tidak nyaman dalam memelihara aquarium. Ditambah lagi dengan percobaan berkali-kali untuk penyesuaian dan sering kali memburuk kondisi untuk ikan kamu. Cara yang terbaik dalam tahap belajar adalah memelihara air yang sesuai dengan air di sekitar anda.
Memilih ikan yang sesuai dengan aquarium

Piliha ikan yang sesuai dengan satu sama lain dan memikir jangka panjang. Ikan berukuran 1 cm pasti terlihat lucu di toko. Tetapi apa yang anda lakukan jika ikan itu tumbuh menjadi 15 cm dan habitatnya dan makanannya? Ikan juga memerlukan tempat minimum tertentu tergantung dari ukuran fisiknya dan prilakunya. Pilih ikan yang keperluannya cocok dengan aquarium kamu. Pastikan aquarium kamu memiliki tempat persembunyian seperti batu-batuan, tanaman, batang pohon dan sebagainya di habitatnya.
Karatina ikan anda dengan baik sebelum memasukan mereka ke aquarium anda

Jangan pernah memasuk air(dari toko) ke aquarium anda. Air itu mungkin mengandung penyakit. Jika memungkinkan, karantinakan setiap pembelian baru selama 2-3 minggu sebelum anda memasukannya ke dalam aquarium.
Lakukan pergantian air

Ganti seperempat dari air aquarium anda setiap minggu. Pergantian air mempunyai dua tujuan: melarutkan dan menghilangkan nitrat sebelum bertambah banyak ke kadar yang berbahaya dan menambah elemen-elemen trace dan buffer yang telah digunakan oleh bakteri pengurai, tananman dan lain lain. Pergantian air secara rutin membantu memastikan air dalam aquarium tidak melenceng jauh. Manfaat yang penting khususnya adalah pada saat ada penyakit yang menyerang aquarium kamu, pergantian air adalah salah satu langkah penting dalam menanggulangi penyakit. Dan pergantian air yang dratis tidak aman, kecuali airnya memiliki yang memilik komposi kimia (pH, GH) yang hampir sama dengan air dalam aquarium.
Berapa banyak waktu dan usaha yang diperlukan dalam memelihara aquarium ikan?

Untuk aquarium 10-20 gallon(38-75 liter) aquarium, setelah disetup, harapkan untuk menggunakan waktu sekitar 30 menit setiap dua minggu sekali untuk mengganti sebagian air, membersihkannya dan lain-lain. Jika ini terlalu merepotkan anda maka jangan terjun ke hobi ini. Anda juga akan menyediakan waktu beberapa menit sekali atau dua kali setiap hari untuk memberi makan ikan anda, mematikan dan menyalakan lampu dan lain sebagainya. Peringatan: Banyak orang yang menggunakan waktunya lebih banyak hanya memandangi aquarium dan isinya. Tentu saja, itulah maksudnya.

Bersiaplah untuk menggunakan beberapa jam untuk meneliti hobi ini sebelum anda melakukan pembelian. Makin lama anda meneliti sebelum makin baik jalannya. Kunjungilah ke beberapa toko untuk mendapatkan satu kelihatannya bereputasi. Kunjungi lagi beberapa kali. Beli beberapa buku pemula. Baca artikel ini beberapa kali.

Kebanyakan orang yang frustasi dengan aquarium membuat kesalahan yang sebenarnya dapat dihindari. Salah satu cara menghindari kesalahan ini adalah dengan mempelajari dasar-dasarnya seperti siklus nitrogen sebelum memasukan ikan ke dalam aquarium.

Ingat: Kebanyakan masalah aquarium mudah sekali dicegah, tetapi susah ditanggulangi di setelah bermasalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar